Hari ini Rauh mendapat tugas pelajaran Agama dari
sekolahnya. Dia harus menjawab beberapa pertanyaan mengenai materi yang
dipelajarinya di sekolah. Dia meminta saya untuk membantunya. Dia tidak bisa
menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Setelah di cek, Rauh hanya perlu menjawab
sesuai dengan materi yang ditulisnya di buku. Ternyata Rauh sama sekali tidak
mengingat materinya. Saya bantu untuk membacakannya keras-keras, akhirnya dia
bisa mengerjakan tugasnya. Di lain waktu dia bercerita tentang Nabi Musa. Rauh terlihat
sangat hafal alur ceritanya. Saya perhatikan lirikan matanya lebih sering ke
bawah dengan tangan-tangan yang bergerak mengikuti alur cerita. Saya tanya
dapat cerita itu dari mana, dia mendengarkan dari gurunya di sekolah.
Dengan pengamatan tersebut saya simpulkan bahwa Rauh lebih
maksimal menyerap informasi/pelajaran dengan pendengarannya (auditori). Gerakan
tangan ketika berbicara menandakan ia cenderung kinestetik. Berbeda dengan
Rabiza, dia lebih berekspresi dengan kata-kata daripada gerakan tangan. Rabiza
bisa bercerita panjang dengan posisi tangan diam. Setelah ditanya bagaimana
cerita lebih jelasnya, baru dia menggerakkan tangan.
#Tantangan10hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar