Pengamatan-pengamatan tentang gaya belajar ini memberikan
informasi yang sangat berharga bagi saya pribadi. Pemilahan gaya belajar untuk
tiap anak bukan berarti anak hanya diberi rangsangan tertentu saja. Contohnya,
ketika Rauh yang cendrung auditori dan dan kinestetik tetap saya beri pelajaran
yang melibatkan visualnya. Begitu juga Rabiza yang cenderung visual auditori,
tetap saya latih untuk bisa beraktifitas dengan menggerakan semua anggota
tubuhnya.
Dari 10 hari pengamatan, pengisian tabel gaya belajar anak
adalah :
Visual
|
Nama Anak
|
Auditory
|
Nama Anak
|
Kinestetik
|
Nama Anak
|
Menyukai hal-hal yang bersifat detail dan rapi
|
Rabiza
|
Suka membaca dengan suara keras
|
Rauh, Rabiza
|
Berbicara menggunakan tangan/gesture
|
Rauh
|
Banyak gambar atau ilustrasi di buku catatannya
|
Rabiza
|
Suka berbicara sendiri ketika menyimpan dan mengingat suatu informasi
|
Rabiza
|
Menyukai pelajaran yang berhubungan dengan praktik langsung
|
Rauh
|
Ketika berpikir kadang menutup mata sambil membayangkan
|
Rabiza
|
Mengemukakan ide dengan ekspresi kata-kata/verbal
|
Rabiza
|
Lebih mudah mengingat sesuatu/ pengetahuan yang dilakukan daripada
pengetahuan yang dibacanya
|
Rauh
|
Visual : Rabiza 3 point
Auditory : Rabiza 3 point, Rauh 1 point
Kinestetik : Rauh 3 point
Kesimpulan :
Rauh auditory kinestetik
Rabiza visual auditory
Tidak ada komentar:
Posting Komentar