Minggu, 08 Maret 2020

Resume : Peran Lingkungan dan Perlindungan Dari Kejahatan Seksual

Resume : Peran Lingkungan dan Perlindungan Dari Kejahatan Seksual

Diskusi kali ini kami membahas tentang Peran lingkungan dan Perlindungan Dari Kejahatan Seksual. 




 Pengenalan kepada anak tentang membangun pertahanan diri terhadap kejahatan seksual bisa dilakukan dengan menempel poster ini dan membahas bersama anak.



Jika tipe anak yang tidak berani bersuara terlebih di situasi yg membuat dia insecure, gak nyaman, asing bisa dimulai dengan cara  dilatih sejak dini dan tidak ditakut takuti.

Kadang anak jadi tidak berani karena kita sebagai orang tua yang membuat dia tidak nyaman.

Sering komunikasi dua arah dan efektif

Terdapat empat panduan yang bisa Anda ajarkan kepada si kecil untuk bereaksi saat ada orang asing yang berperilaku tidak wajar kepada mereka. Uraiannya seperti berikut : 

- Cara mencurigai dan melaporkan :
Beritahu kepada anak mengenai siapa saja orang yang bisa mereka percaya dalam keluarga dan sekolah. Jadi, ketika ada orang lain di luar daftar tersebut, anak patut merasa curiga dan mengomunikasikannya kepada orangtua atau guru di sekolah.

- Cara mengenali orang-orang mencurigakan di lingkungan anak :
Dalam kebanyakan kasus, pelaku adalah seseorang yang dikenal oleh anak. Tak heran bila kondisi ini menjadi sulit bagi anak untuk memahami bahwa apa yang dilakukan orang tersebut adalah bentuk penyiksaan. Untuk mengatasi hal ini, orangtua tidak boleh putus komunikasi dengan anak, pastikan setiap hari bertanya kepada anak apakah ada seseorang yang memberikannya hadiah atau memperlakukannya lebih dari biasanya.

- Cara mengamati orang-orang mencurigakan di luar lingkungan keluarga dan sekolah
Dalam beberapa kasus pelecehan seksual, pelakunya adalah orang asing. Ajarkan aturan sederhana kepada anak tentang tata cara bersikap dan berbicara dengan orang asing. Beberapa di antaranya adalah menolak satu mobil dengan orang yang mereka tidak kenal, jangan menerima hadiah dari siapa pun kecuali keluarga dan teman, dan ajakan bermain di luar sekolah. 

- Cara mencari pertolongan :
Anak-anak harus tahu bahwa selain orangtua, ada orang profesional yang dapat membantu mereka bila ada orang lain yang berbuat tidak sopan kepada mereka, misalnya guru, polisi, pekerja sosial, dan psikolog sekolah.

Orang tua bisa bermain Role play bersama anak karena dengan belajar berperan langsung anak-anak akan merasakan situasi yang menyerupai, sehingga kita sebagai ortu bisa mengarahkan harus respon gimana kalau begini begitu..

Masih dlm artikelnya dr.Muchlist td mba ada tips berikut

Anak yang menjadi korban pelecehan seksual umumnya menjadi lebih pendiam, pemurung, dan penakut. Bila orangtua mencurigai sesuatu terjadi pada anak, percayalah pada naluri anda dan coba tanyakan kepada si kecil dengan sikap yang tenang. Jangan menyudutkan, apalagi sampai mengancam anak. Melihat sikap orangtua yang tenang membuat anak merasa nyaman dan dilindungi sehingga lebih mudah bagi anak untuk menceritakan pengalaman terburuk dalam hidupnya tersebut. Ketika mendengar pengakuan anak yang menyesakkan hati, tahanlah air mata Anda, kuatkan pertahanan diri, dan segera peluk si kecil dengan segenap cinta.
Melihat orangtua yang menangis dan histeris bakal membuat anak terkejut dan ketakutan. Akhirnya, anak akan berhenti bercerita karena takut pada orangtua.

Walaupun hati dan jiwa anda terguncang mendengar penuturan menyedihkan si kecil, kendalikan diri Anda, jangan perlihatkan sikap terpukul tersebut kepada anak. Mengupayakan diri agar tetap tenang mendengar kenyataan yang getir memang bukan sesuatu yang mudah, tetapi demi anak, berusahalah lebih keras untuk tidak hancur depan mereka.

Pasalnya, melihat sikap orangtua yang tegar akan memberikan rasa aman kepada anak. Sikapi mimpi buruk anak tersebut seolah sedang mendengarnya bercerita mengenai tokoh kartun favoritnya atau superhero idolanya. Tujuannya agar orangtua memperoleh informasi secara lengkap dan mendetail


 Alur Penanganan Korban yang Dirancang oleh KPAI

Secara terstruktur KPAI sebagai lembaga perlindunhan anak sudah mengatur jalur penanganannyaa. Namun realitas dilapangan masih banyak korban yang memilih bungkam...

Ini yang perlu menjadi perhatian kita2 yang berada didekat mereka..
Bagaimana kita berperan utk merangkul para korban kekerasan seksual ini..demi masa depan mereka.

#Day4
#Tantangan10hari
#Bunsay#5
#Fitrahseksualitas
#KuliahBundasayang
#InstitutIbuProfesional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar